Khas Mbrebesan Yang Menggiurkan

Oleh Andira Putri Larasati
Sejak menikah tahun 2015 silam, saya benar-benar belajar masak kepada ibu mertua saya. Ibu mertua saya pandai memasak apapun. Kepengen masak ini, terciptalah makanan di meja makan. Kepengen masak itu, berbarislah warna-warni masakan yang sudah tercium wangi. Meskipun begitu, tetap saja saya “agak” kesulitan berbagi kebersamaan bergoyang di lidah. Maklumlah, saya ini orang barat (jawa barat, red) bukan orang tengah (jawa tengah, red) 😛
Nah.. Ternyata ada banyaaaaakkkkkk sekali makanan enak bin ajaib yang saya temui di kota suami saya lahir ini. Oke kita bahas satu per satu ya. Kalo kamu baca, ketawa boleh asal keliatan gigi ya biar cantik. Iya itu. Kamu cantik.. 😀
1. Sate Blengong
Apa pulak itu?. Sate bebek cuy.. Hehe.. Sate blengong ini rasanya kenyel-kenyel gimana gitu. Enak deh. Tapi, asli saya hanya bisa makan 1 tusuk abis itu ga lagi. Hahaha. Lidah saya ga bs kompromi. Ampuuuun.
Sate blengong ini bumbu kacang gitu tapi agak cair dengan perpaduan cabai yang menyatu dengan bumbu rahasia jadi keliatan sedap banget.
2. Kupat Glabed
Dunia perlontongan menjadi lengkap deh dengan kehadiran kupat ini. Jadi, kupat ini tersaji setiap pagi sebelum orang-orang pada ke sawah atau kerja. Nah, kupat ini terdiri dari lontong, sayur pepaya dan kerupuk mie kuning yang disiram bumbu istimewa. Enak banget deh. Cocok dilidahku nih. Hihihi.
3. Bakso Gimin
Ini bakso terkenal banget se antero Brebes. Mangkal di dekat SMA 3 Brebes depan Stadion Brebes bakso ini laris diburu masa. Cucok deh dengan suasana siang saat di Brebes yang lagi panas-panasnya.
4. Blugudek
Apaan itu?
Ya kamu ga salah baca kok. Cuma beneran namanya itu.
Nah, blugudek ini terbuat dari tempe yang di emek-emek lalu dicampur bumbu kuning terdiri dari bawang putih, kunyit, laos, kamijara, sereh, dan temen-temennya) dengan porsi jahe yang lebih banyak lalu tambahkan air biar meresap ke tempe.
5. Remet/Rembet
Kalo yang ini paling pas dilidah saya. Haha.
Ini ada tempe belom jadi yang di emek-emek (disemerawutin) terus di goreng coklat keemasan. Lalu, tiriskan. Sementara itu, kita uleg bawang merah dan garam bisa juga tambahkan cabai dan lainnya menurut kesukaan masing-masing.
6. Jangan Asem
Kamu udah mandi belum?
Kalau belum, jangan aseeemmmmm 😀
Hahahaha
Iya, ini adalah makanan famous disetiap warung di Brebes. Jangan Asem punya nama beken yaitu Sayur Asem.
Di Brebes, sayur asem ini isinya campur aduk. Mungkin, mungkin nih, kalo orang barat kayak saya ngeliat agak geli makannya tapi aslinya mah enak. Sayur ini terdiri dari labu siam, pepaya muda, sayur kangkung, tempe kadang ama ibumer dimasukin bakso sama udang juga hahaha.. Mantaps lah tuh orang visual kayak saya kagak jadi makan cuy.. Wkwkwk..
7. Sauto Tauco
Sekilas kalo dipandang engga banget. Item begitu sotonya. Haha.
Tapi asli, ini enak bangeeeetttt. Cucok di lidahku.
Sauto tauco terdiri dari daging ayam siwir dan pelengkap seperti jeroan goreng maca usus, empedu, hati dan kawan-kawannya. Serta ditaburi aneka sayuran seperti tauge, kol, seledri, daun bawang dengan siraman kuah tauco dengan kecap serta bumbu rahasia. Mantaps ngiler deh 😀


Ini warung sauto tauco enak banget, Guys, ciyus kamuh harus coba.. 🙂
8. Udel
So, udel mu gimana, guys?
Hihi
Yup, ini makanan aselik brebes bingits. Udel terbuat dari jeroan ikan bandeng. Rodo’ ireng tapi enak (bagi yang suka) wkwkwk.
Pertama coba lumayan enak di lidah. Tapi, cukup sekali dan seumur hidup aja nyobainnya hahaha.
Rasanya enak diawal kayak daging tapi lama-lama pahit banget 😀
9. Telor asin dan bandeng
Nah ga lengkap kl ke brebes ga bawa ini. Ini enak dimakan kapanpun. Tinggal hap nyampe deh ke perut. Maknyus surantap.. 😀
Sebenernya masih banyak juga makanan perbatasan Brebes semisal Tegal dan Cirebon yang enyak-enyak. Entar deh insyaAllah dibikin reviewnya. Hihihi..
Selamat makan  semuanya….
Jangan lupa bahagiaaaaaa bersama keluarga :)💕🌹💕

credit: FB Rumbel Menulis
A

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.